INC 2008

ok hari ini bangun dengan tidak segar karena semalam ga gtu bs tdr, nervous kali ya πŸ˜› ud bangun cuaca sedikit tidak baik karena hujan, mau dtg kok males akhirnya nunggu2 jam 9 pegi jg d dengan jas ujan.Β  taon ini nama tim gua acmon, namanya sama ama tim singapore, karena orangnya sama.

Eko Wibowo,, Cun Cun Lim, Lie Gunawan.

ok sampe di tempat si cun2 lom dtg, akhirnya masih nunggu btr dia dtg, dengan kerennya dia ga bw binus card, pdhl ud ditulis di email, diminta KTP jg dia ga bw (ganteng bgt nih anak :P), akhirnya pk SIM

ngoceh2 bla bla bla langsung masuk practice session. Gunawan langsung buat semua macro sebelom soal dtg, lalu 1 template file. Cun2 jg buat template karena kurang cocok dengan template gunawan, well mang kurang kerjaan,… tp akhirnya gua ikutan πŸ˜€ yak akhirnya ad 3 template untuk macro2. Practice gampang, 1 soal 3 kepala, utg ga berantem, ud pk debat2 dl wkt buatnya. ud solved dan masih nunggu ampe waktu abis, Cun2 ke WC dan tiba2

Gunawan: eh doraemon nyampe ga ya ke Amerika?

Eko : *bengong sambil berpikir apa hubungan doraemon ke amerika dengan soal barusan*, apa gun ?

Gunawan: iya, film spiderman, superman kan terkenal ampe sini, doraemon sampe ga ya ke Amerika?

Eko : Gun, pertanyaan lo berbobot, tapi ga penting πŸ˜€

setelah cun2 kembali, gunawan jg nanya urusan doraemon. dan gua ga peduli ma obrolan mereka.

well aturan taon ini ttg coretan yang cuma 5 lembar, ga boleh minta lg, dan ga blh bawa sendiri sedikit ganggu, karena guaΒ  biasa banyak nyoret2. well ya ud d.

abis practice balik ke ruang m2c-d buat makan siang, bis itu ke ruang r2a lagi nunggu 15menit sblm mulai.

yang jaga ruangan bilang, tar waktunya mulai bareng dari pc^2, soal jgn buka dl. Waktu time di pc^2 start, semua tim di ruang itu langsung keluarin soal, tiba2:

SiPenjagaRuang: eh contest site1 lom mulai

Cun2: loh ini ud start kok waktunya

Eko : *bengong sambil mikir, kok bisa?*

SiPenjagaRuang: yang ini lom mulai nih. *ternyata ad 1 tim pas di depan dia yg lom mulai waktunya*

Eko + Cun2 : “Ya ga tau”Β  *lanjut bongkar soal dan tidak menghiraukan orang itu lg πŸ˜›

OK soal pertama yang menarik gua adalah soal D, karena ada gambar seperti Bipartite mathcing, andai benar at least tinggal diketik karena ad di team notebook. oh ternyata bukan, cuma soal simulasi trainee gua πŸ˜€ ks gunawan, pesen algo n log n, gunawan sdkt ngebug dan minta gua benerin, ngebug jg πŸ˜› baru nyadar, solusi O(N) lbh gampang, pesen ma gunawan lg, dan lanjut baca soal.

baca soal A, wah pendek nih πŸ˜€ ok ternyata ga gampang dan ad slh ngerti dikit.bis balik baca2 semua soal, sialan nih soal panda kok keren amat. buang. soal geometry, wah..sama aj.buang.

kontes ga lama gua keluar ke WC, karena tmpt jalannya sempit, dan gua buru2, akhirnya nabrak penyekat ruang lab, hasilnya hari ini memar dikit lutut gua

Baca soal E, indomie, wah peluang, pk kombinatorik rekurens, eh ga nemu supersetnya. akhirnya setelah discuss ma cun2, ketemu rumusnya. Langsung ngebajak komputer dari gunawan. kok sample aja kurang bener??oh rumusnya kurang general dikit, ud diubah. tembus sample….submit….dann……..WA!!!! DAMN!!kok bisa????oh ternyata overflow gara2 pk long long!!!!!ampe kelar kt berusaha ngerjain in karena banyak tim laen yg solved, ternyata cukup ganti ke double, dan gua heran2 kok double ga overflow

setelah bingung rumus bener, tp msh WA (Wrong Answer), gunawan ngerjain soal G, Hotel and solved!!! ok balon jadi 2, setelah tadi tertinggal dari tim di depan gua. gua ud baca soal F dan cukup ngerti kalo ini cm simulasi, kl TLE (Time Limit Exceeded) baru cari struktur data yang bagusan dikit. 1/2 4 ketika gunawan ma cun2 ngubah code indomie ke java dengan masih baca2 manual, gua ngebajak komputer utk code F, ngebug dikit salah liat variable, ud beres di debug ma gunawan, submit dan RTE, ok gua tau dimana kotornya, beresin submit WA, liat2, oh ok gua tau butuh modular arithmatic, banyak tim ga nyadar ini ampe akhir sehinggal soal F cm di solved oleh acmon dan TSP.

Sekarang tim gua memegang status “Juara Room” sebuah status cukup keren di topcoder, tp tidak di INCΒ  πŸ˜€ bis itu Gunawan ngerjain soal H yang nyusahin ga kelar2 ampe akhir sedangkan gua ma cun2 berusaha ngubah rumus indomie agar ga overflow, gua ud terpikir untuk pk double tp tanya gunawan ktnya lbh besar long long , dan seinget gua kt suhendry double itu cm gede di fraction doank, akhirnya niat ini gua urungkan (damn!!coba gua ganti!!!!!) gua nyoba scaling dengan membagi perhitungan dengan 10^6 tp lupa gua ganti double, dodol!!! dan semalem gua baru inget pernah nemu soal kyk gni, pk long long overflow, kl ga overflow ga precise, dan wkt itu gua pk double dan bisa, sialan kenapa baru inget pas ud malem?

ya gtulah hasil INC taon ini, annual profit turun 80% !!! dpt kesel dikit gara2 double ditambah bonus memar >.< ok sekarang waktunya kembali ke bangku sekolah menempuh UAS. IMHO soal INC taon ini lebih adhoc dan simulation, dan kurang algoritmik. Pembahasan 3 (+1) soal yang di solved tim gua nanti aja, kl gua rajin πŸ˜€

Iklan
By marcadian Posted in Event

One comment on “INC 2008

  1. wah… gimana nih. koq cuma rank #4 πŸ˜€ kalah sama panda-panda imut? :))

    gunawan emang sering gitu koq πŸ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s